3 Elemen Utama Dalam SEO - Kali ini, Saya akan memberikan informasi tentang SEO. Materi tentang SEO banyak kita temukan di internet atau bisa di liat disini belajar-seo, dalam bentuk e-book maupun bentuk artikel lainnya. Dari sekian banyaknya artikel yang membahas tentang kualitas SEO, Saya sendiri ingin merangkum apa yang saya pahami dan yang sudah Saya lakukan atau praktekan untuk optimasti pada blog saya sendiri. Ada 3 elemen utama sendiri dalam SEO website/blog, yang harus kita ketahui dan melakukan bila ingin mengoptimasi website/blog di mesin pencari google. Ketiga elemen itu adalah : Riset Keyword, SEO website/blog (On Page), dan melakukan Backlink (Off Page). Dengan mengetahui tiga elemen penting dalam SEO, kita akan lebih mudah melakukan optimasi pada website/blog kita di mesin pencari untuk jangka panjang.
3 Elemen Utama Dalam SEO
Elemen utama SEO

1. Riset Keyword (Kata Kunci)

Keyword adalah rangkaian kata yang diketikkan seseorang di kolom pencari ketika mereka mencari informasi di search engine, misalnya Google. Di dalam satu niche, ada beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh user Google di mesin pencari. Nah para blogger perlu melakukan riset keyword untuk menentukan list kata kunci tersebut, apakah konten/artikel  kita masuk pada page one (halaman pertama) atau tidak maka kita harus riset keyword dengan benar.

Riset Keyword adalah langkah yang dilakukan oleh pemilik website/blog dalam mencari atau menentukan kata kunci yang paling pass (relevan) dengan niche website/blog masing-masing. Baik itu keyword untuk halaman utama maupun untuk halaman artikel, dengan melakukan riset keyword kita bisa mengetahui kata kunci yang baik dan yang paling banyak dicari oleh para pengguna Google.


2. Membangun Blog SEO Friendly (On Page)

Apa itu blog yang SEO Friendly? yang dimaksud dari SEO friendly adalah website/blog yang dibangun dengan standar tertentu sehingga website tersebut mudah dijelajahi dan dikenali oleh mesin pencari Google. Selain itu, Anda juga harus memberikan manfaat pada konten bagi pengunjung dan mudah digunakan dinavigasi. Sebenarnya ada banyak hal yang terdapat pada On Page. Namun berdasarkan pengalaman Saya sendiri, hanya beberapa saja yang Saya  jelaskan. On Page SEO :

A. Penempatan Keyword

Jika Anda ingin mengoptimasi halaman website/blog untuk kata kunci tertentu, maka pastikan keyword tersebut tercantum disebuah halaman website/blog Anda sehingga Google lebih memahimi apa fokus halaman website Anda. Beberapa bagian di dalam website Anda yang perlu ditambahkan kata kunci adalah :
  1. Tittle / Judul halaman
  2. Meta Description
  3. Awal paragraf artikel
  4. Sistem Navigasi
  5. H1, H2, H3 (Tags)
  6. Internal Link
  7. File gambar (Alt image)
B. Membangun Konten Yang Berkualitas

Konten adalah Raja, maka buat lah konten yang berkualitas, unik, dan bermanfaat tentunya. Sebagian website/blog yang memiliki banyak konten dan berkualitas pasti menjadi raja pada SERP Google, karena itu pastikan konten Anda Berkualitas tinggi dengan topin yang dibahas. Biasanya konten yang detail dan panjang lebih mudah masuk halaman utama Google (Page One). Bila ingin mengoptimasi konten untuk kata kunci tertentu, pastikan kata kunci tersebut tersemat di dalam 100-150 kata paragraf awal artikel dibuat.

C. Kecepatan Loading Website/Blog

Pihak Google pernha menyebutkan bahwa kecepatan loading pada website/blog yang kita miliki merupakan salah satu faktor terpenting bagi SEO. Website/blog yang proses loadingnya lama biasanya blog Anda akan ditutup oleh pengunjung karena tidak sabar menunggu loadingnya, sehingga berpengaruh pada hasil pencari di Googel. Silahkan cek kecepatan loading website/blog Anda dengan menggunakan GTMetrix.com


3. Membangun Backlink (Off Page)

Backlink adalah tautan ada link dari sebuah halaman website menuju website lain, dengan kata lain sebuah website memberikan rekomendari kepada usernya untuk mengunjungi website/blog lain. Tujuan membangun backlink adalah untuk meningkatkan populatiras sebuah halaman website.blog di internet, sehinggan website tersebut berpeluang untuk medapatkan posisi baik  pada SERP (Search Engine Result Page) Google.

Artikel Terkait : Pengertian Backlink

Banya sekali orang-orang diluar sana untuk membeli backlink dengan harga yang menawan, dan ada juga website yang bisa kita manfaatkan untuk membangun backlink itu sendiri. Berdasarkan pegalaman Saya, Backlink menjadi hal yang sangat penting sekali bagi para pemilik website/blog agar traffic kita meningkat secara efisien.

Terima kasih telah berkunjung ke blog Saya dan semoga artikel tentang 3 Elemen Utama Dalam SEO semoga bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya dengan sangat teliti, dan jika masih binggung silahkan berkomentar pada kolom dibawah. Keep Spirit!
Show comments
Hide comments
10 Komentar untuk : 3 Elemen Utama Dalam SEO

Mantapp lanjut terus bro artikel SEOnya, saya mau ngecek di GTmetrix dulu , jujur baru tau disini GTmetrix itu apa :3

artikel yang bagus gan, sangat membantu buat para blogger

Makasih gan infonya... Tpi sayang HPku gak bsa buat riset keyword

;(

Makasi gan ..... aku pengen pengunjungku nambah

Pengen pengunjung banyak sih sering bw sama posting.
Http:///www.indoblazer.com

lumayan nih buat tambah tambah pengetahuan :)

Thanks atas infonya, mayan nambah pengetahuan tentang elemen seo :)

kecepatan loading apa juga termasuk dalam bentuk SEO?

Hpku gak bsa buat riset keyword di keyword planner, jdinya sy menggunakan google buat riset. Sbg contoh saya mengetikian "seo blog" di google, lalu pd hsil pencarian saya scroll kebawah dan saya liat tuh "related searchnya".