Fungsi Internal Link di Dalam Website/Blog - Kali ini, Saya akan memberikan pengetahuan tentang internal link pada website/blog. Banyak sekali orang yang mendiskusikan internet marketing, webmaster, dan SEO. Saya, melihat, hal penting yang terpulakan dalam diskusi tersebut, mareka melupakan strategi internal link yang ada pada sebuah website/blog. Saya sering mendengar tentang strategi backlink terbaru dengan teknik yang katanya paling 'ampun' yang akan meningkatkan peringkat sebuah halaman website/blog di mesin pencari Google. Selain itu, itu, internal link juga memungkinkan para pengunjung website/blog kita dalam menemukan informasi lain yang masih terkait. Pada dasarnya, internal link dalam website/blog adalah salah satu yang sangat terpenting bagi memingkatkan kualitas SEO (Search Engine Optimization) kita.
Fungsi dan Manfaat Internal Link di dalam website/blog
Internal links
Internal Link adalah sebuah link dari satu halaman website/blog yang menuju ke halaman lain di dalam website/blog yang sama, dimana isinya masih berhubungan dengan kata yang mau kita link kan. Contoh : "Pengertian SEO". Nah, disitu kita kasih Link menuju ke artikel/halaman pada website/blog kita yang sudah kita buat dengan judul Pengertian SEO. Ini adalah salah satu cara untuk membantu crawler Google dalam menjelajahi halaman situs kita.

Manfaat Internal Link

Dari penjelasan Saya pribadi, tujuan utama internal link adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam menjelajadi, mengindeks semua halaman, dan melihay struktur blog Saya secara keseluruhan. Struktur website/blog yang rapih akan disukai oleh Google. Google menyukai Struktur yang rapih, seperti : Konten yang rapih, website/blog rapih (tidak amburadul), agar halaman website/blog kita terindeks dengan baik di Search Engine.

1. Meningkatkan penggunaan dan pengalaman pengunjung di situs Anda
Internal link bisa membuat pengunjung kita berlama-lama di website/blog Anda dan membuka halaman-halaman yang lain di website/blog tersebut. Membuat pengunjung berah di blog anda akan menurunkan tingkat bouce rate (rasio pentalan) website Anda, dan ini sangat penting sekali karena Google memperhitungkan tingkat bouce rate dalam menentukan apakah blog anda memilii konten unik, berkualitas atau tidak. Jika pengunjung terlalu cepat meninggalkan blog Anda, Google bisa menganggap bahwa blog tersebut tidak memberika manfaar bagi pembacanya, dan ini bisa berkaitan turunnya peringkat blog Anda pada mesin pencari Google.

2. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization)
Anda bisa membuat internal link dengan menggunakan kata kunci "baju batik" dari postingan yang membahas tentang baju batik, ragam baju batik, khas baju batik, dsb. Postingan Anda yang lain menawarkan harga baju batik dengan harga yang murah. Ini akan membuat Search Engine untuk memahami isi dari konten website/blog Anda secara keseluruhan.


Membuat internal link ke halaman lain dengan kata kunci yang tepat merupakan cara yang sangat efektif sekali untuk meningkatkan optimasi SEO kita pada postingan Anda. Mempostingkan dengan banyak konten dengan internal link tentunya akan lebih baik daripada membiarkan halaman post tersebut tidak ada link ke halaman post Anda yang lain.

3.  Meningkatkan kualitas konten di dalam website/blog Anda
Konten yang berkualitas sangat disukai oleh Google, agar konten tersebut mendapatkan posisi yang baik di halaman pertama (page one). Beberapa konten mungkin saja akan tenggelam dan semakin sulit ditemukan oleh pengunjung website Anda karena banyaknya konten yang baru atau pada website/blog yang lain membuat konten judul yang sama dan isi dari konten tersebut lebih berkualitas dari pada punya Anda.

Jika Anda memiliki sebuah halaman konten yang ingin Anda perlihatkan pada pengunjung blog anda, namun ternyata halaman tersebut tidak sepopuler halaman lainnya, maka Anda bisa menambahkan link internal untuk menuju halaman tersebut agar pengunjung betah pada blog Anda dan akan mendapatkan traffic blog juga lumayan banyak.

Ketika membuat internal link :
  1. Buat internal link sewajarnya, jangan terlalu banyak (kalau saya biasanya 2-3)
  2. Buat internal link ke halaman yang terkait
  3. Gunakan anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan halaman yang dituju
  4. Lakukan internal link dengan teratur pada konten Anda.
Catatan : Kita wajib membuat internal link, agar pengunjung betah pada website/blog kita, dan mendapatkan traffic yang lebih banyak lagi, dan juga website/blog yang kita miliki mendapatkan rank lebih baik oleh Google & Alexa. simak juga disini Pengaruh Postingan Blog Pada Google & Alexa.

Sekian penjelasan dari Saya mengenai Fungsi dan Manfaat Internal Link di Dalam Website/Blog semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sudah membaca dengan teliti, dan jika Anda masih bingung dengan artikel ini silahkan berkomentar pada kolom dibawah. Keep Spirit!
Show comments
Hide comments
0 Komentar untuk : Fungsi dan Manfaat Internal Link di Dalam Website/Blog